Rabu, 28 Desember 2011

LAPORAN RADAR MALANG DAN MALANG POS

LAPORAN RADAR MALANG DAN MALANG POS

Dalam Jurnalistik ada beberapa hal yang harus diperhatikan, yaitu: mencari, memperoleh, memiliki, menyimpan, mengelola dan menyampaikan berita. Seorang  penulis  khususnya Wartawan, dalam meliput berita harus memenuhi kriteri 5W+1H, yaitu: What (Apa), Who (Siapa), When (Kapan),  Why (Kenapa), Where (Dimana) + How (Bagaimana). Dan juga ada unsur-unsur berita yang harus diperhatikan, yaitu: Actual (hal baru), Proximity (kedekatan dengan pembaca), Impact (pengaruh kuat), Magnitude (menyita perhatian), Uniqueness (aneh/unik), Personality (ketokohan), conflick (konflik), dan Human Interest (menyentuh perasaan manusia).
Seorang Wartawan dalam mencari informasi,  berita atau fakta yang terjadi itu harus sedatail-detailnya, apa adanya, tidak dibuat-buat oleh seirang Wartawan tersebut. Setelah itu diolah kemudian diketik kembali dengan kata-kata yang baku. Jadi seorang wartawan itu setelah meliput berita kemudian langsung mengolahnya dengan cara mengetik ulang dari hasil informasi, fakta-fakta yang telah didapat. Untuk hal ini khusus pada Wartawan Radar Malang. Disana terbagi menjadi beberapa bagian yaitu bagian Tim Redaktur, Editor, Lay-Out, Foto Grafer, Desain Grafis, pra-Cetak, dan sebagainya.
Proses selanjutnya yaitu dari Tim Wartawan itu,  khususnya wartawan Radar Malang menyerahkan kepada Tim Redaktur, Untuk diedit kembali hasil berita, informasi, fakta-fakta yang telah didapat. Berasal dari berbagai bidang antara lain Bidang Pendidikan, Ekonomi, Kesehatan, Politik, Olahraga, dan sebagainya itu diberi batas waktu atau datelain untuk mengumpulkan batas maksimal sampai jam 22.00 WIB. Kemudian melakukan proses pra-Cetak  yang bertempat di Radar Malang. Kemudian pada malam hari  melakukan proses catak asli yang bertempat di daerah Pakis. Dan paginya sudah bisa dibaca dari kalangan masyarakat. Jadi menjadi seorang Wartawan harus berjiwa Sabar, Ulet, Teliti, dan Tanggung Jawab, karena dari pagi meliput berita sampai malam hari masih tetap bekerja. Oleh karena itu, seorang wartawan memiliki banyak jasa dalam memberikan sebuah informasi kepada masyarakat luas pada umumnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar